Membuat Toko Online Sendiri dengan WooCommerce

Membuat toko online sendiri untuk menjual berbagai produk Anda di internet sepertinya sudah merupakan sebuah keharusan. Karena semakin hari semakin banyak saja orang yang sudah tidak ragu-ragu untuk belanja online dengan menjamurnya berbagai olshop besar di Indonesia. Sangat berbeda dengan tujuh tahun ke belakang misalnya.

Beberapa marketplace memang menyedakan anda lapak untuk berjualan. Tapi tentunya tidak akan memberikan sebuah kebebasan seperti jika anda memiliki toko (website) sendiri.

Dengan membuat toko online sendiri anda akan memiliki keunggulan lebih dikenal karena website sendiri memiliki faktir branding yang lebih kuat. Dengannya pula anda akan memiliki peluang yang lebih besar untuk menjual produk, karena tidak ada produk dari seller lain berseliweran di halaman yang memajang produk anda. Itu baru contoh sederhananya, pasti masih ada banyak keunggulan membuat toko online sendiri untuk produk Anda,

Membuat Toko Online Sendiri dengan WordPress

Untungnya saat ini platform CMS yang paling populer seperti WordPress sudah memungkinkan semua orang untuk membuat toko online sendiri dengan mudah dan cepat.

Membuat Toko Online Sendiri dengan WooCommerce dan WordPress

WordPress sudah lama populer berkat cara install yang memang sangat mudah, bahkan bagi pengguna WordPress pemula. Dan untuk menjadikan website berbasis WordPress menjadi sebuah lapak online, anda tinggal menambahkan plugin WooCommerce.

Kalau belum tahu cara install plugin di WordPress bisa cek artikel ini.

Poin-poin penting setting WooCommerce

Pengalaman saya yang paling hangat adalah membuat sebuah online shop dengan WordPress dan WooCommerce ini. Setelah mengaktifkan WooCommerce, akan ada wizard yang menuntun anda untuk mengatur beberapa aspek dari toko online Anda.

Di sini saya tidak akan membahas dengan detilnya, mungkin lain kali, namun akan ada beberapa poin penting yang mungkin anda perlu perhatikan setelah wocommerce terinstall.

Tampilan Produk

Toko online merupakan sesuatu yang agak lebih rumit jika dibanding dengan website company profile atau blog berita. Karena nanti perlu memajang produk semenarik mungkin. Untuk itu Anda perlu juga untuk menggunakan themes yang kompatible dengan WooCommerce, Storefront buatan WooCommerce adalah themes gratis yang sudah mumpuni untuk hal ini.

Tapi kalau anda masih merasa kurang mantab, bisa juga mencari themes premium lain.

Pengaturan Produk

Untuk menambahkan produk anda, bisa layaknya menambah artikel di WordPress. Produk di sini juka berupa produk fisik yang anda kirim ke pelanggan nantinya selain bisa dimasukkan dalam kategori-kategori tertentu dan di-tag juga bisa ditambahkan keterangan tambahan lainnya yang disebut dengan atribute.

Metode Pembayaran

Sudah melihat produk anda, sudah kebelet ingin memborong, tapi cara bayar dan konfirmasinya ribet? Pastinya hal ini sangat mengganggu dan berpeluang menghambat penjualan di toko online anda. Untuk itu anda bisa usahakan sebuah metode yang sangat memudahkan pembeli untuk membayar dan mengkonfirmasi pembayaran tersebut.

Dalam project saya yang baru selesai ini bisa langsung terkonfirmasi dan terproses sendiri, setelah admin dapat email pemberitahuan tinggal mulai packing produk 🙂

Pengiriman Barang

Penggunaan jasa ekspedisi pengiriman paket sangat penting juga perannya dengan perkembangan toko online anda. Memberikan informasi realtime dan transparan kepada calon pembeli tentang berapa ongkos kirim yang harus mereka bayar disamping harga barang juga merupakan sebuah kewajiban.

Untungnya sudah ada beberapa pengembang ekstension untuk mengecek ongkos kirim lokal ini seperti TonjooStudio  yang sudah membuat WooOngkir misalnya.

Perkuat Branding Memalui Email

Dalam proses pembelian, user akan menerima beberapa email pemberitahuan tentang pembeliannya. Mulai saat pembelian diterima, pembayaran diterima, hingga saat barang dikirim.

Jangan lupa untuk menambahkan warna tersendiri dalam email ini sebagai penguat branding toko online anda. Sehingga user makin percaya dengan brand anda yang solid dan peluang untuk repeat order akan lebih tinggi.

Kemudahan Membuat Toko Online Sendiri dengan WooCommerce

Memang membuat toko online sendiri dengan WooCommerce ini tidaklah seperti membuat blog yang sangat cepat dan mudah.

Masih ada banyak pekerjaan lain selain pengadaan dan pengembangan produk, marketing dan juga pelayanan pembeli. Kita harus lebih berhati-hati dan bersiap untuk seprofesional mungkin dalam pelayanan, karena sudah akan melibatkan uang dari customer yang mempercayai toko online kita.

Akan tetapi paling tidak dengan WooCommerce anda akan siap melapak dalam waktu yang jauh lebih cepat dibanding dengan membangun sistem anda sendiri dari nol.

Semoga bermanfaat dan silahkan share, tambahkan berkomentar jika anda ada pertanyaan.  🙂

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *